Cloud Computing dalam E-Commerce

    e-Commerce adalah sebuah aktivitas jual beli dalam pemasaran produk barang atau jasa dilalukan secara online dengan menggunakan jaringan internet dan melakukan transaksinya melalui transfer uang secara online.

 

Apa itu E-Commerce Cloud ? Yang dimaksud E-commerce Cloud ialah sebuah industri yang dipengaruhi oleh cloud computing. Cloud Computing memungkinkan seorang atau kelompok yang baru akan berbisnis E-Commerce untuk menyewa hardware maupun software tanpa melakukan pembelian, Tujuannya ialah agar mengurangi biaya pembangunan sistem

 

4 perspektif e-Commerce :

  1. Dilihat dari perspektif komunikasi, e-Commerce adalah sebuah proses pengiriman informasi, layanan dan barang melalui computer, laptop maupun peralatan elektornik lainnya.
  2. Dilihat dari perspektif proses bisnis, e-Commerce merupakan suatu aplikasi atau website dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  3. Dilihat dari perspektif layanan, e-Commerce adalah suatu alat yang memenuhi keinginan dari sebuah perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memotong biaya layanan ketika melakukan peningkatan kualitas barang dan kecepatan layanan pengiriman. 
  4. Dilihat dari perspektif online, e-Commerce menyediakan sebuah kemampuan untuk menjual maupun membeli sebuah produk ataupun barang serta mendapatkan informasi melalui layanan internet.

 


Penerapan e-Commerce

            Jika kita melihat dari resiko keamanan secara finansial dalam melakukan transaksi di e-Commerce, banyak perusahaan yang mengintergrasikan aplikasi berbasis web perusahaan tersebut dengan provider keamanan transaksi atau dengan perusahaan yang berfokus pada keamanan bertransaksi.

            Untuk mempermudah kalian memahami penerapan e-Commerce dari sisi arsitektur dan skalabilitas aplikasi web untuk diintergrasikan keamanan transaksi antara perusahaan dan konsumen, maka disini kami mengambil satu contoh provider security yaitu Paypal.

            Aplikasi termasuk data didalamnya berada dalam property objek. Untuk mengirim dan menerima data kalian dapat dilakukan dengan metode pemanggilan sebuah objek. Objek tersebut bernama SOAP client yang menangani permintaan pembentukan SOAP yang baru dan mengirimkan layanan kepada paypal, yang kemudian memberikan feedback ke SOAP client tersebut.

            Inti dari komponen yang diperlukan untuk mengintergrasikan aplikasi web e-Commerce kelayanan paypal adalah API paypal yang isinya file-file WSDL dan XSD.

 

Konsep API

            Sebelum menjelaskan konsep API, kita cari tahu apa itu API? API atau kepanjangan dari Application Programming Interface adalah suatu interface yang dapat menghubungkan sebuah aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. Jadi disini API berperan sebagai perantara antara berbagai aplikasi yang berbeda-beda, baik dalam satu platfrom yang sama ataupun lintas platform.

 


 

Konsep API dalam e-Commerce yaitu :

·         API calls : Layanan API dari provider keamanan paypal, melalui fungsi objek. Perusahaan pembisnis dapat melakukan pembayaran secara online, pencairan transaksi, melakukan pengembalian (refund) dari pembayaran, dan melihat informasi dari suatu transaksi.

·         API certificate : Merupakan bagian dari API Signature, disini kita masih menggunakan provider security paypal. Paypal akan memberikan satu sertifikat yang bersifat unik yang dapat kalian download di website paypal yaitu : www.paypal.com. Fungsinya sertifikat tersebut akan digunakan oleh setiap computer yang akan mengakses sertifikat tersebut, dan sertifikat tersebut akan me-encrypt data Ketika objek API calls dipanggil atau digunakan melalui protocol HTTPS/port 443 lalu mengirimnya ke API server.

·         API signature : Merupakan bagian dari API certificate, paypal akan memberikan kalian satu digital signature yang dapat diperoleh dengan mengcopy dari website paypal. Fungsinya ialah alternative dari API certificate. Digital signature, API username, dan API password merupakan bagian-bagian penting yang disebut tiga token authentication. Masing-masing dari token authentication tersebut harus melakukan implementasi kedalam pemrograman API call.

·         API username dan API password : dibuat oleh paypal, untuk mengidentifikasikan nama rekening dan password secara special digunakan untuk API calls. Kalian akan selalu melibatkan username dan password setiap kali ingin menggunakan API call.

·         Subject authorization : Sebagai indicator bagi API call, merupakan informasi dari rekening API calls Ketika dibuat. Merupakan suatu aspek yang dibuat oleh provider keamanan paypal sebagai authorisasi.

·         First-party access : Suatu perusahaan diperbolehkan memiliki API certificate atau API signature, username dan password sebagai milik perusahaan tersebut.

·         Third-Party access : Seseorang, perusahaan, produsen ataupun organisasi lain yang akan membuat API calls atas autorisasi dan izin dari pemilik rekening paypal tersebut.

 

Kerangka kerja e-Commerce

Kerangka kerja atau framework dari sebuah e-Commerce memiliki beberapa komponen

diantaranya :

1.      National Information Technology Committee (on e-Commerce), komite ini bertanggung jawab memformulasikan sebuah information technology dan specifically e-Commerce, di Indonesia. Komite ini nantinya akan membuat working group untuk melakukan penelitian penggunaan teknologi informasi lebih lanjut. Berbagai pihak yang terlibat didalam bidang e-Commerce dan electronic Commerce ini sebaiknya terwakili dalam komite tersebut. Misalnya adanya perwakilan dari perusahaan sebuah bank.

·         Communication Infrastructure (Infrastruksut Komunikasi).

·         Customers dan related organizations.

·         Cyberlaw : EC laws, electronic security laws.

·         EC/EDI standars/ infrastructure.

 

      Gambar E-Commerce


Kategori e-Commerce

1.      Business to Business (B2B)

Website e-Commerce ini melakukan kegaitan transaksi elektronik antara sebuah perasaahaan satu dengan perusahaan lainnya. Website type ini umumnya digunakan oleh produsen ataupun grosir.

2.      Business to Consumen (B2C)

Website e-Commerce ini berlawanan dengan B2B, dimana website ini melakukan kegiatan transaksi online antara produsen dengan konsumen terakhir (pemakai produk). Bisnis seperti ini berhubungan langsung dengan konsumen atau pembeli dan bukan dengan perusahaan lainnya.

3.      Consumen to Consumen (C2C)

Website e-Commerce ini mengusungkan model berbisnis yang melibatkan transaksi antar konsumen. Kedua konsumen tidak bertemu secara langsung atau tatap muka, namun lewat platform pihak ketiga.

4.      Consumen to Business (C2B)

Website e-Commerce ini berlawanan dengan C2C, dimana website jenis ini melibatkan transaksi antara konsumen dengan perusahaan. Konsumen akan menawarkan baik produknya atau jasa kepada perusahaan yang membutuhkan sesuatu dari konsumen tersebut.

5.      Business to Administration (B2A)

Website e-Commerce ini mencakup suatu kegiatan transaksi secara online yang akan terjadi antara perusahaan dan administrasi public. Jenis e-Commerce ini akan melibatkan layanan pemerintahan.

6.      Consumen to Administration (C2A)

Website e-Commerce ini memiliki model bisnis yang sama seperti model B2A. Tapi model bisnis C2A ini melibatkan transaksi antara konsumen atau individu dengan administrasi public.

 7.     Online to Offline (O2O)

            Website e-Commerce ini mengusungkan model bisnis untuk menarik consumen atau pelanggan             online agar mereka mau berbelanja langsung ke toko offline atau toko fisik. Yang intinya konsep              ini menghubungkan antara toko online dengan toko offline / fisik.

 

Keuntungan e-Commerce Bagi Peursahaan, Konsumen, dan Masyarakat

1.      Keuntungan e-Commerce Bagi Perusahaan

·         Menjual Produk ataupun jasa secara online tanpa harus mendirikan sebuah toko fisik, layaknya yang dilakukan oleh para pembisnis offline. Dengan memanfaatkan internet, kalian sudah bisa memasarkan sebuah produk ataupun jasa kepada pembeli atau konsumen.

·         Memberikan kemudahan komunikasi antara produsen dan konsumen. Kalian dengan mudah berkomunikasi antara penjual dan pembeli dengan memanfaatkan fitur chatting yang sudah disediakan e-Commerce tersebut.

·         Jika dilihat dari segi pemasaran barang kalian juga jauh lebih diuntungkan, anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya yang tinggi untuk melakukan promosi. Hanya dengan internet, kalian sudah bisa melakukan promosi produk atau jasa kalian kepada masyarakat.

·         Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara online. Kalian dapat menggunakan fitur dari e-Commerce tersebut untuk pembayaran secara online, misalnya pembayaran menggunakan m-banking.

 

1.      Keuntungan e-Commerce Bagi Konsumen

·         Bisa berbelanja dimanapun dan kapanpun konsumen itu mau, Konsumen pun dapat melakukan pengecekan, perencanaan barang atau jasa pada e-Commorce tersebut. Berbanding terbalik dengan toko offline yang ada batas waktu pemesanan, toko online ini bisa berbelanja 24 jam.

·         Menghemat waktu konsumen, ya dengan adanya e-Commorce, pelanggan atau konsumen dapat menghemat waktu mereka dalam melakukan pembelanjaan karena tidak perlu pergi langsung ke tokonya, cukup buka aplikasi atau website dari e-Commerce tersebut, cek barang atau jasa kemudian langsung pesan dan barang akan dikirim oleh perusahaan atau produsen tersebut.

·         Ya jika kalian bertanya kenapa barang atau jasa lebih murah di e-Commorce daripada toko offline atau fisiknya ini karena perusahaan tidak perlu melakukan pembayaran biaya operasional seperti membayar sewa toko offline dan lain sebagainya, sehingga perusahaan atau produsen tersebut mampu memberikan harga yang lebih murah.

·         Konsumen dapat membandingkan harga lebih tepat, ya dengan adanya e-Commorce ini konsumen atau pembeli mampu membandingkan satu atau banyak produk sekaligus. Berbeda dengan toko offline atau fisik yang harus kalian kunjungi tokonya satu per satu.

·         Bisa melakukan pembelian dari kota ke kota ataupun dari negara ke negara, ya dengan adanya e-Commorce ini kalian mampu membeli barang ataupun jasa dari kota ke kota maupun dari negara ke negara tanpa kalian harus pergi ke kota atau negara tersebut. Contohnya kalian memesan baju original dari Australia tanpa harus pergi ke negara tersebut

 

1.      Keuntungan e-Commerce bagi masyarakat

·         Mengurangi kemacetan dan polusi udara yang di akibatkan kendaraan motor maupun mobil, ya ini dikarenakan kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk beraktifitas berbelanja baik barang, jasa ataupun makanan, cukup menggunakan internet dari rumah dengan memesan  melalui e-Commerce tersebut dan barangnya akan datang yang akan diantarkan kurir.

·         Mengurangi jumlah pengangguran di masyarakat, ya jumlah pengangguran dapat berkurang dikarenakan masyarakat semakin ingin untuk memulai suatu bisnis di e-Commerce, hal itu karena cara kerja menjual produk di e-Commerce sangat mudah dan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

·         Meningkatkan kreatifitas diantara masyarakat, Berbagai produk dapat dijual atau dipasarkan oleh masyarakat dan menghasilkan uang.

 Keterbatasan dan Hambatan

·         Kepercayaan. Kepercayaan adalah hambatan yang pasti selalu ada dalam e-Commorce, karena di Indonesia lebih masyarakat lebih percaya dengan transaksi face to face, bertemu langsung, atau mengunjungi tokonya langsung. Dimana kita dapat melihat dan mencoba barang tersebut apakah ukurannya pas dan warnanya cocok dengan yang ingin kita beli.

·         Keamanan. Sangat banyak berita tentang kriminalitas di dunia maya atau internet, seperti penipuan, pencurian nomor kartu kredit dan lainnya, dikarenakan hal tersebut beberapa orang tidak percaya dengan pembelanjaan secara online atau e-Commorce.

·         Perlunya akses internet yang memadai. Ya jika kalian tidak mempunyai jaringan internet yang cukup bagus atau sering kehilangan jaringan maka sangat dirugikan membuka usaha secara online. Hal ini dikarenakan kalian akan susah berkomunikasi dengan pembeli atau konsumen yang bertanya tanya tentang produk anda dan ketersediaan stok.

·         Legalitas dan Hukum. Legalitas dan hukum tentang e-Commerce masih tidak begitu jelas.

 

Tantangan e-Commerce

Beberapa Plartform E-Commerce di Indonesia
 

·         Infrastruktur telekomunikasi masih tertinggal. Di Indonesia infrastruktur telekomunikasi masih tertinggal, Tapi pihak Telkom Indonesia sedang melakukan pembangunan dan penyediaan konektivitas yang menghubungkan seluruh titik hingga pelosok negeri. Infrasturktur telekomunikasi tersebut mencakup fiber optic, kabel terrestrial di darat, submarine cable di laut, serta satelit di udara, Hal itu dilakukan agar Indonesia tidak tertinggal Infrastruktur telekomunikasi.

·         Biaya pulsa telepon yang mahal. Ya biaya pulsa telepon antara operator satu dan operator lainnya sangat mahal, hanya berbicara beberapa detik saja pulsa anda akan tersedot sangat banyak, ini adalah salah satu tantangan e-Commerce di Indonesia.

·         Harga hardware computer yang mahal. Ya ini adalah salah satu hambatan tantangan e-Commerce di Indonesia, dimana harga hardware dari computer yang mahal, dikarenakan perbedaan rupiah dan dolar sangat jauh.

 

Kesimpulan : Pondasi Dari suatu e-Commerce ialah teknologi web service yang mempunyai skalabilitas untuk diintergrasikan dengan aplikasi lain yang berbeda lokasi dan berbeda provider. Karena e-Commerce merupakan suatu web service yang terfokus pada bisnis, secara implisit e-Commerce memiliki suatu resiko keamanan dalam bertransaksi.

 

Sumber/ Refrensi : 

https://ridhagustini.wordpress.com/2017/09/21/pengaruh-cloud-computing-pada-bisnis-e-commerce/
https://idcloudhost.com/pengertian-e-commerce-dan-contohnya-komponen-jenis-dan-manfaat-e-commerce/
https://jenmiramangngi.files.wordpress.com/2012/12/bookofcloudcomputing-120918104323-phpapp01.pdf
https://www.niagahoster.co.id/blog/api-adalah/
https://jenmiramangngi.files.wordpress.com/2012/12/bookofcloudcomputing-120918104323-phpapp01.pdf
https://d4ph1d.wordpress.com/servis-yang-harus-disediakan-pada-e-%E2%80%93-commerce/kerangka-kerja-e-commerce/'
https://www.sirclo.com/mengenal-jenis-jenis-website-e-commerce-berdasarkan-model-bisnisnya/
https://www.kompasiana.com/novikristiadi/5992634e93be2508e06c5402/e-commerce-manfaat-dan-keuntungannya
http://commeta.co.id/manfaat-dan-keuntungan-menggunakan-e-commerce/
http://www.parselday.com/blog/keuntungan-e-commerce-bagi-pemerintah-dan-masyarakat/
http://hanztechno.blogspot.com/2016/03/hambatan-dan-tantangan-pada-e-commerce.html
http://hanztechno.blogspot.com/2016/03/hambatan-dan-tantangan-pada-e-commerce.html