Intermezo
POLYGON
Polygon berasal dari kata poly artinya banyak dan gon (gone) artinya titik. Polygon dimaksudkan adalah polygon
yang digunakan sebagai kerangka dasar pemetaan yang memiliki
titik-titik dimana titik tersebut mempunyai sebuah koordinat X dan Y. Polygon
merupakan salah satu metode untuk menentukan posisi horizontal dari
titik-titik di lapangan yang berupa segi banyak dengan melakukan
pengukuran sudut dan jarak. Data yang diperlukan diantaranya adalah
sebagai berikut:
a. Data sudut dalam (I) pada titik yang sudah ditentukan untuk dicari koordinat (X1, Y1).
b. Data jarak atau sisi Sn yang jumlahnya = n – 1 (jarak horizontal) pada semua sisi dan titik polygon.
c. Data satu sisi azimuth pada sisi polygon. Pengukuran polygon terbuka maka pengambilan data azimuth pada beberapa sisi polygon. Data azimuth diukur pada sisi awal dan akhir jika pengukuran polygon terbuka terikat sempurna.
b. Data jarak atau sisi Sn yang jumlahnya = n – 1 (jarak horizontal) pada semua sisi dan titik polygon.
c. Data satu sisi azimuth pada sisi polygon. Pengukuran polygon terbuka maka pengambilan data azimuth pada beberapa sisi polygon. Data azimuth diukur pada sisi awal dan akhir jika pengukuran polygon terbuka terikat sempurna.
POLYLINES
Sama seperti Polygon ....Polyline dibagi dua kata yaitu poly artinya banyak dan lines adalah garis arinya mempunyai garis yang banyak sebagai dasar pembuatan grafik seperi tabel pencapaian ....hasil indeks laporan tetapi sering juga dipakai dalam pemetaan.... polylines yang memiliki terdiri garis-garis dimana garis tersebut mempunyai koordinat X & Y polygon juga mempunyai arti deretan garis-garis lurus yang berhubungan. Walaupun terbentuk dari ruas-ruas garis, sebuah poligaris dapat
terlihat sebagai lengkungan.
terlihat sebagai lengkungan.
Poligaris yang paling sederhana hanya terdiri dari sebuah garis. Jika kedua titik ujung garis tersebut berada pada koordinat yang sama, maka poligaris ini menjadi sebuah titik (dot).• Pada poligaris, setiap garis disebut ruas (edge) dan pertemuan antara dua garis disebut simpul (vertex).• Ruas-ruas dapat saling bersilangan.
• Poligaris dapat direpresentasikan dalam bentuk barisan koordinat simpul-simpulnya: (x0,y0), (x1,y1),(x2,y2),(xn,yn).
pada ilmu grafika komputer sering di pakai untuk pembuatan objek grafik 2D,objek pembuatan primitiv dan masih banyak lagi disini
saya akan mengajarkan bagaimana pembuatan objek primitiv polygon dan polylines melalui java dengan menggunakan aplikasi NETBEANS IDE
pastikan kalian telah terinstal aplikasi netbeans dan javanya untuk belum mendownload aplikasi tersebut bisa ke webiste nya langsung
oke langkah pertama buka aplikasi netbeans kalian ya
setelah itu mohon ditunggu proses loading netbeans nya
setelah itu klik tombol icon seperti paket/package dengan icon + disudut kiri atas
Akan muncul kota dialog yang meminta nama file dan create main class
Setelah main class dan project file terbuat otomatis
disini kita akan menggambar polygon dan polylines menggunakan koordinat X dan Y
setelah selesai kita akan membuat kan source code outputnya
hasil outputnya
untuk source code lebih lengkap dapat dilihat dibawah ini
// metode import java apa saja yang dipanggil untuk membuat project ini.
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Polygon;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
public class polygon_polylines extends JPanel{
public void paintComponent(Graphics g) {
//Nomor 1 :
int[] x1= {10,70,70,10,10,60,60,30,30};
int[] y1= {10,10,70,70,30,30,60,60,40};
g.drawPolyline(x1, y1,9);
//Nomor 2 :
int[] x2 = {60,40,10,35,50,70,40,20};
int[] y2 = {95,80,110,130,110,130,160,140};
g.drawPolyline(x2, y2,8);
//Nomor 3 :
int[] x3 = {10,30,50,70,90,60,60};
int[] y3 = {180,170,180,170,180,210,260};
Polygon polygon1 = new Polygon (x3, y3, 7);
g.drawPolygon(polygon1);
//Nomor 4 :
int[] x4 = {10,40,70,70,10};
int[] y4 = {270,300,270,330,330};
g.fillPolygon(x4, y4, 5);
//Nomor 5 :
int[] x5= {10,40,70,70,60,20,10};
int[] y5 = {370,340,370,420,440,440,420};
g.fillPolygon(x5, y5, 7);
g.setColor(Color.WHITE);
g.fillRect(25, 380, 30, 40);}
public static void main(String[] args) {
// Ini adalah program untuk menampilkan frame
JFrame frame = new JFrame("Menggambar Polygon & Polylines");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
polygon_polylines polygon_polylines = new polygon_polylines();
frame.add(polygon_polylines);
frame.setSize(200,500);
frame.setVisible(true);}}
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Polygon;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
public class polygon_polylines extends JPanel{
public void paintComponent(Graphics g) {
//Nomor 1 :
int[] x1= {10,70,70,10,10,60,60,30,30};
int[] y1= {10,10,70,70,30,30,60,60,40};
g.drawPolyline(x1, y1,9);
//Nomor 2 :
int[] x2 = {60,40,10,35,50,70,40,20};
int[] y2 = {95,80,110,130,110,130,160,140};
g.drawPolyline(x2, y2,8);
//Nomor 3 :
int[] x3 = {10,30,50,70,90,60,60};
int[] y3 = {180,170,180,170,180,210,260};
Polygon polygon1 = new Polygon (x3, y3, 7);
g.drawPolygon(polygon1);
//Nomor 4 :
int[] x4 = {10,40,70,70,10};
int[] y4 = {270,300,270,330,330};
g.fillPolygon(x4, y4, 5);
//Nomor 5 :
int[] x5= {10,40,70,70,60,20,10};
int[] y5 = {370,340,370,420,440,440,420};
g.fillPolygon(x5, y5, 7);
g.setColor(Color.WHITE);
g.fillRect(25, 380, 30, 40);}
public static void main(String[] args) {
// Ini adalah program untuk menampilkan frame
JFrame frame = new JFrame("Menggambar Polygon & Polylines");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
polygon_polylines polygon_polylines = new polygon_polylines();
frame.add(polygon_polylines);
frame.setSize(200,500);
frame.setVisible(true);}}
0 Komentar